Ini Dia Berbagai Penyakit pada Ginjal yang Dapat Menyerang Anda

Penyakit pada ginjal ini beraneka ragam dan memang sangat penting bagi Anda semuanya, sebab penyakit yang menyerang bagian organ tubuh satu ini sangatlah berbahaya bagi kesehatan, bahkan lebih parahnya lagi bisa menyebabkan kematian.

penyakit pada ginjal yang dapat menyerang anda


Memiliki tubuh sehat dan juga prima adalah impian bagi semua orang, selain penampilan, kesehatan tubuh juga penting untuk diperhatikan, hal tersebut karena bila tubuh selalu sehat dan juga prima, maka ini akan menghindarikan pekerjaan serta aktifitas terbengkalai. Tapi, tahukah Anda bahwa salah satu bagian tubuh yang seringkali terjadi gangguan adalah ginjal? Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang paling vital dan juga paling penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Sebab ginjal mempunyai fungsi sebagai tempat penyaringan untuk mengeluarkan semua sisa zat metabolisme, sehingga bila ginjal Anda mengalami gangguan, pasti tubuh Anda akan mengalami masalah kesehatan. Nah, berikut ini ada beberapa macam jenis penyakit pada ginjal yang sering terjadi.

Penyakit pada Ginjal : Gagal ginjal

Ini adalah salah satu jenis penyakit pada ginjal yang paling berbahaya, sebab bisa mengakibatkan kematian. Gagal ginjal ini bisa mengakibatkan hilangnya sebagian, bahkan keseluruhan fungsi bagian ginjal di tubuh. Untuk bisa mencegah penyakit berbahaya yang satu ini, silakan Anda mulai untuk memenuhi kebutuhan nutrisi secara seimbang setiap harinya, kurangi konsumsi makanan yang mengandung bahan kimia, seperti pengawet, atau pun kandungan zat berbahaya yang lainnya.

Penyakit pada Ginjal : Batu Ginjal

Jenis penyakit pada ginjal yang selanjutnya adalah batu ginjal. Penyakit satu ini disebabkan oleh banyaknya benda-benda organik dan mineral yang ada pada bagian ginjal. Batu ginjal ini sendiri terbentuk karena adanya pengendapan garam kalsium dalam rongga ginjal, saluran ginjal, atau pun kantong kemih. Biasanya ada beberapa cara mencegah penyakit batu ginjal secara alami yang bisa Anda lakukan, seperti halnya dengan sering minum air putih, mengkonsumsi makanan kaya vitamin A dan juga B6.

Penyakit Diabetes melitus

Penyakit pada ginjal berikutnya adalah penyakit diabetes melitus. Penyakit satu ini disebabkan oleh faktor keturunan, pola makan tidak sehat, dan obesitas. Selain hal itu, penyakit diabetes melitus atau pun kencing manis ini juag disebabkan oleh rendahnya kadar hormon insulin di dalam tubuh. Seperti yang kita tahu bahwa kadar insulin yang rendah bisa mengganggu proses perombakan glukosa jadi glikogen, akibatnya kadar gula di dalam darah jadi meningkat dan juga menyebabkan diabetes. Perlu bagi anda untuk selalu mendeteksi diabetes sejak dini agar terhindar dari efek buruk yang berkepanjangan.

Penyakit Nefritis glomerulus

Penyakit pada ginjal yang sering terjadi adalah nefritis glomerulus. Yang mana penyakit ini juga sering disebut dengan radang ginjal yang biasanya disebabkan oleh adanya reaksi alergi pada racun yang telah diproduksi bakteri streptococcus. Selain itu, penyakit ini biasanya juga menyebabkan sel adarah merah dan juga protein di dalam tubuh tercampur dengan urin. Apabila tidak segera ditangan dengan cepat, maka penyakit tersebut akan semakin parah, sehingga menyebabkan gagal ginjal.

Penyakit Diabetes insipidus

Diabetes insipidus juga menjadi salah satu jenis penyakit pada ginjal yang harus Anda waspadai. Namun, perlu Anda tahu bahwasannya penyakit diabates ini dibagi menjadi 2 macam, yakni penyakit diabetes melitus dan juga penyakit diabetes insipidus. Bila penyakit diabetes melitus ini disebabkan oleh rendahnya kadar insulin, maka untuk penyakit diabetes insipidus ini sendiri terjadi karena tubuh Anda kekurangan hormon antidiuretik atau ADH, sehingga menjadikan tubuh mengeluarkan urin secara berlebih.

Penyakit Anuria

Macam-macam penyakit pada ginjal yang juga harus Anda tahu dan waspadai adalah anuria. Penyakit anuria ini biasanya disebabkan karena ginjal tidak bisa memproduksi urin. Anuria ini sendiri disebabkan oleh kurangnya tekanan untuk bisa menyaring darah atau pun filtrasi darah di dalam ginjal. Selain hal tersebut, penyakit satu ini juga bisa disebabkan oleh adanya radang di glomerulus atau organ penyaring darah di ginjal. Penyebab utama penyakit anuria ini adanya terjadinya penyempitan di arterial afferent oleh hormon epinefrin dan juga radang.


Demikianlah tadi macam-macam penyakit pada ginjal yang bisa kami informasikan kepada Anda semuanya, semoga saja bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Bagi Anda yang khawatir akan kondisi kesehatan secara umum, alangkah lebih baik jika melakukan pemeriksaan Medical Checkup atau mungkin jika Anda ingin melakukan tes darah contohnya seperti Pemeriksaan Fungsi Ginjal cobalah untuk melakukan pemeriksaan melalui Pesanlab. Dan tak lupa nikmati potongan menarik dengan memasukan kode promo “HEMAT” dari kami.

Comments

comments

By | 2017-06-06T15:39:43+00:00 May 25th, 2016|Gejala Penyakit|0 Comments

About the Author:

PesanLab adalah platform online untuk tes darah dan medical checkup. Harga Hemat, Bisa Home Service Dan Hasil Lab Online

Leave A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.