Biang Kerok Pemicu Lelah di Pagi Hari

Kualitas tidur yang buruk adalah alasan utama mengapa Anda merasa lelah ketika bangun keesokan paginya.

Seringkali kita merasakan lelah dan kantuk yang tidak tertahan di pagi hari. Biasanya, untuk menanggulangi hal itu, yang pertama terpikir untuk dilakukan sebagian besar orang adalah dengan membuat kopi. Tujuannya tentu saja agar menjadi lebih segar, tidak mengantuk ketika bekerja, dan tidak cepat merasa lelah. Namun, pernahkah Anda berpikir mengapa pagi hari Anda sering diawali dengan rasa ngantuk dan lelah? Apakah yang menjadi biang kerok pemicu lelah di pagi hari?

Anda dapat menyalahkan hal ini kepada kualitas tidur Anda pada malam sebelumnya. Kualitas tidur yang buruk adalah alasan utama mengapa Anda merasa lelah ketika bangun keesokan paginya. Namun, hal ini bukanlah satu-satunya penyebab mengapa Anda merasa ngantuk dan lelah di pagi hari. Ada beberapa biang keladi lain yang bisa Anda salahkan. Mengutip CNN Indonesia, berikut ini beberapa penyebab lelah di pagi hari.

  1. Menghabiskan banyak waktu bersama ponsel

Ketika mencoba untuk tidur, seharusnya Anda merasa mengantuk dan tertidur. Namun kebanyakan orang sekarang mengawali tidurnya dengan bermain ponsel di tempat tidur terlebih dahulu. Seseorang bahkan bisa menghabiskan waktu hingga lebih dari 20 menit hanya untuk bermain ponsel di tempat tidur. Lebih buruk lagi, hal ini bisa terjadi sampai Anda jatuh tertidur. Jika durasi bermain ponsel di tempat tidur semakin lama, hingga mencapai 1 jam, maka Anda akan terbangun dalam momen REM. Kebiasaan seperti inilah yang membuat Anda menjadi sulit tidur. Terbangun dari tahap tidur yang dalam ini akan membuat Anda merasa lelah sepanjang hari. Bahkan ini artinya, Anda akan merasa lebih lelah dibanding orang yang hanya tidur sebentar.

  1. Mandi di malam hari

Mandi dengan air hangat memang dapat membuat otot Anda jadi rileks dan dapat menghilangkan stres. Tidak hanya itu, seusai mandi Anda akan merasakan kantuk.  Namun, ada penelitian yang mengatakan bahwa sebenarnya semua yang terjadi justru sebaliknya. Tubuh secara sementara akan merasa hangat dan santai, namun hal ini tidak berlaku untuk tidur nyenyak. Hal ini dikarenakan mandi malam akan meningkatkan temperatur tubuh Anda. Mandi malam sama halnya seperti berolahraga di malam hari. Di sisi lain, mandi air hangat di pagi hari akan membantu Anda bangun dan tersadar sepenuhnya.

  1. Menghabiskan lebih banyak waktu di dalam rumah

Menurut penelitian, matahari membantu Anda mendapatkan vitamin D yang akan membuat Anda lebih berenergi. Buktinya orang yang kekurangan vitamin D akan mengalami masalah kelelahan yang serius.

  1.  Dehidrasi

Mungkin Anda pernah merasakan bangun pagi dengan aroma mulut yang tak sedap. Penyebabnya adalah dehidrasi. Ketika Anda terlelap, tubuh akan tetap menyerap cairan yang masuk ke dalam tubuh pada hari itu. Ini berarti, selama berjam-jam ketika Anda sedang tidur, Anda akan kehilangan cairan tubuh tanpa ada asupan air tambahan. Jika Anda tidak kembali menghidrasinya, energi Anda akan terkuras. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa dehidrasi ringan pun dapat menyebabkan kelelahan dan sensitif. Anda sangat disarankan untuk minum air putih sebelum tidur.

Manfaat Tidur Lebih Awal

Seperti yang sudah kita ketahui, kita selalu disarankan untuk tidur tujuh hingga delapan jam setiap hari. Anda sangat dianjurkan untuk tidur lebih awal dan bangun lebih cepat. Namun tidak semua orang dengan mudah dapat menerapkan kebiasaan ini. Padahal, ada banyak manfaat yang akan Anda dapatkan bila Anda tidur lebih awal.

Berbagai studi menunjukkan hasil bahwa kebiasaan tidur larut malam, apalagi hingga dini hari, dapat menyebabkan gangguan tidur, atau insomnia. Tidak hanya menjadi lebih sulit untuk tertidur, Anda juga akan menjadi lebih sulit untuk tidur dalam keadaan yang lelap. Bisa saja Anda terbangun pada malam hari dan mengalami kesulitan untuk tidur kembali. Tidur lebih awal nyatanya dapat membuat Anda tidur lebih pulas. Hal ini tentu akan berdampak pada kondisi Anda ketika bangun di pagi hari. Tidur dengan lelap dengan waktu cukup akan membuat Anda bangun dalam keadaan bugar dan lebih berenergi. Dengan kondisi fisik yang bugar, Anda tentu akan mampu melakukan aktivitas apapun dengan lebih produktif.

Selain itu, tidur lebih awal juga dapat membuat jantung menjadi lebih sehat. Sebuah penelitian di Misao Health Clinic, Gifu, Jepang, mengatakan bahwa seseorang yang baru tidur setelah lewat tengah malam diketahui memiliki pengerasan pembuluh darah dibanding mereka yang memiliki kebiasaan tidur lebih awal. Pengerasan pembuluh darah arteri inilah yang menjadi salah satu gejala awal penyakit jantung.

Setelah mengetahui fakta tersebut, masih kah Anda ragu untuk tidur lebih awal dan bangun lebih cepat?

Comments

comments

By | 2018-12-30T16:28:33+00:00 November 14th, 2017|Fakta Kesehatan, Keluarga Sehat, Tips Sehat|0 Comments

About the Author:

PesanLab adalah platform online untuk tes darah dan medical checkup. Harga Hemat, Bisa Home Service Dan Hasil Lab Online