Pentingnya Tes Pranikah Bagi Calon Pengantin

calon pengantin melakukan tes pranikah

Tes pranikah merupakan pemeriksaan kesehatan yang penting bagi calon pengantin

Menikah adalah sebuah momen terbesar dalam hidup yang paling penting dan ditunggu-tunggu, namun menikah sendiri tidak hanya berkisar masalah pesta dan merencanakan bulan madu saja lho, tetapi juga persiapan fisik dan mental yang dibutuhkan untuk menyambut hari besarmu, salah satunya adalah tes pranikah atau premarital test. Meskipun dianggap sangat penting untuk dilakukan  sayangnya tidak semua orang beranggapan seperti itu, padahal tes pranikah itu sama pentingnya dengan pernikahan itu sendiri lho. Melakukan pre marital check up adalah salah satu tindakan preventif (pencegahan) terhadap masalah kesehatan diri kita dan pasangan maupun keturunan kita untuk kedepannya. Untuk pembaca yang sedang berencana ataupun ingin melangsungkan pernikahan kalian wajib membaca artikel ini karena;

  1. Tes pranikah wajib hukumnya untuk mengetahui riwayat kesehatan kita dan pasangan, jangan sampai kita menyesal kelak di kemudian hari, terlebih-lebih jika keturunan kita juga memiliki riwayat kesehatan yang buruk.
  2. Mencegah calon bayi terhindar dari penyakit seperti diabetes melitus, thalassemia, dan penyakit turunan lainnya.
  3. Membuat kedua calon mempelai lebih siap, lebih yakin dan lebih terbuka satu sama lain tentang riwayat kesehatan masing-masing. Dalam pernikahan yang diutamakan adalah kejujuran begitu juga dengan masalah kesehatan.

Pembaca, tahu kan sekarang kenapa tes pranikah itu sangat penting. Agar lebih jelas, marilah kita mengenal lebih jauh tentang tes pranikah.

300x250_ayo-skrining-premarital

Apa sih tes pranikah itu?

Tes pranikah atau pre-marital screening terdiri dari beberapa kelompok tes yang wajib dilakukan oleh pasangan yang akan menikah.  Di beberapa negara, pre-marital screening ini malah menjadi salah satu syarat wajib untuk menikah, hal ini dikarenakan karena tidak semua orang memiliki riwayat kesehatan yang bagus. Bisa jadi mereka yang terlihat sehat malah menjadi silent carrier. Tes yang dilakukan biasanya adalah genetik, infeksi dan penyakit yang menular melalui darah untuk mencegah penyakit tersebut menurun kepada keturunannya. Idealnya, 6 bulan sebelum menikah calon mempelai harus melakukan pre-marital screening .

Apa saja yang harus di cek saat periksa kesehatan pranikah?

Pertama, tes premarital  terdiri dari tes secara umum yaitu tes pemeriksaan fisik yang lengkap/klinis, mengapa? Karena status kesehatan bisa dilihat dari tekanan darah. Tekanan darah yang cenderung tinggi/hipertensi dapat berpotensi membahayakan kandungan karena membuat perumbuhan janin terhambat, pemeriksaan ini juga dapat mengetahui apakah calon pengantin memiliki bakat obesitas. Obesitas tentunya dapat mempengaruhi tingkat kesuburan calon pengantin, sedangkan pemeriksaan darah/hematologi rutin yang meliputi kadar hemoglobin (hb), hematokrit, sel darah putih (leukosit) dan faktor pembekuan darah (trombosit); pemeriksaan ini sangat diperlukan untuk mengetahui apakah calon ibu mengalami gangguan pembekuan darah, mengalami masalah seperti anemia ataupun diabetes yang sangat beresiko untuk kesehatan ibu dan janin. Sementara golongan darah dan rhesus, serta urinalisis lengkap bertujuan untuk menghindarkan diri dari keadaan yang tidak diinginkan seperti kecacatan hingga kematian pada janin.

Kedua adalah pemeriksaan beberapa penyakit hereditas atau yang diturunkan dari orang tua seperti thalassemia, penyakit kelainan darah yang menyebabkan penderitanya tidak dapat memproduksi hemoglobin secara normal. Penderita thalassemia tidak dapat disembuhkan dan membutuhkan transfusi darah seumur hidupnya. Selanjutnya adalah hemofilia, yaitu penyakit pembekuan darah yang menyebabkan darah penderitanya tidak dapat membeku dengan sendirinya secara normal, dan yang terakhir adalah Sickle Cell Disease atau disebut juga dengan SCD, di Indonesia penyakit ini disebut dengan penyakit sel sabit  yaitu penyakit kelainan sel darah merah yang menyebabkan sel mudah pecah sehingga menyebabkan anemia.

Ketiga adalah pemeriksaan beberapa penyakit menular seperti HIV, hepatitis B dan hepatitis C, pemeriksaan ini penting dilakukan karena penyakit ini adalah penyakit yang mengancam jiwa. Penyakit ini dapat ditularkan melalui hubungan seksual, darah dan cairan tubuh, yang lebih mengerikan, virus-virus penyakit ini dapat berdiam dalam waktu yang lama tanpa menunjukkan gejala apapun, penyakit ini sangat bersiko terhadap pasangan dan juga calon bayi, sedangkan pemeriksaan TORCH dan Veneral Disease Screen (untuk pemeriksaan penyakit sifilis dan penyakit kelamin yang lainnya) juga tidak kalah penting, yakni untuk mencegah keguguran, kelainan bawaan pada bayi dan kelahiran prematur. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang pemeriksaan TORCH sahabat PesanLab dapat membaca di sini.

Keempat adalah pemeriksaan yang berhubungan dengan kesuburan dan organ reproduksi yang diperuntukkan untuk pria dan wanita. Pembaca, jangan berpikir bahwa wanita saja yang wajib mengikuti pemeriksaan kesuburan lho, diperlukan kerjasama dari kedua calon pengantin untuk menghasilkan keturunan yang sehat. Pemeriksaan ini juga berguna untuk mengecek kesehatan organ reproduksi wanita seperti USG dan pemeriksaan hormon, sedangkan untuk pria adalah untuk analisis sperma dan kesuburan pria.

Sedangkan yang terakhir dan tidak kalah penting adalah pemeriksaan alergi. Meskipun sering dianggap remeh ternyata pemeriksaan alergi cukup berperan disini. Alergi bila tidak disadari lebih awal dan ditangani dengan benar ternyata juga dapat berakibat fatal.

300x250_ayo-skrining-premarital

Nah sekarang kamu mengetahui betapa pentingnya melakukan pemeriksaan pra-nikah dan jangan sampai melewatkannya sebelum hari besarmu. Kamu bisa lakukan pemeriksaan ini dengan lebih hemat bersama Pesanlab dengan memasukkan kode “HEMAT” setelah memilih panel pemeriksaan sebelum nikah (premarital). 

 

By | 2017-06-06T03:00:32+00:00 September 13th, 2016|Keluarga Sehat|0 Comments

About the Author:

Dance like no one is watching. Sing like no one is listening. Love like you've never been hurt and live like its heaven on Earth.

Leave A Comment